Langsung ke konten utama

Masjidnya megah tapi...

Satu hal yang aku cari dari setiap perjalanan adalah masjid. Entah saat mengendarai sepeda motor atau naik bus umum. Aku akan melirik kanan kari, bila yang ku lirik masjid. Pandanganku tertahan menatap menaranya, gaya arsitekturnya dan suasananya.

Gaya arsitektur masjid sesuai dengan masyarakat setempat. Misal masjid kota, terletak di alun-alun kota bentuk dan ukuran bisa megah, besar, adesoris kakigrafi dan lekat simbol Islam lainnya.

Semakin ke tepi, masjid bisa dihitung dengan jari. Yang banyak musola-musola kecil perkampungan. Bila daerah kota, arsitekturnya bagus, ke tepi lagi musola bangunan biasa. Kadang sampai tidak terawat.

Tapi sejauh pengamatanku masjid dan musola tumbuh subur di masyarakat. Bisa dikatakan selisih jarak antar satu masjid dengan musola tidak ebih dari 400 Meter. Ini penghitungan perkampungan normal.

Sayangnya kuantitas jumlah masjid berbanding terbalik degan jumlah jamaahnya.

Kalau sholat berjamaah, makmum palig banyak satu larik shof sholat. Paling parah formasi 1-3 , Imam satu , makmumnya tiga.

Dari fakta ini aku berpikir sejenak. Rupanya kemegahan masjid beum menarik masyarakat untuk memakmurkan masjid.

Padahal husnudhon, semangat sodaqoh masyarakat dalam membangun masjid patut diacungi jempol.

Seribu sayang, rupanya semangat itu belum sampai pada titik kesadaran memakmurkan masjid.

Ada miss-understanding, kemegahan masjid akan terlihat dari para jamaahnya.

-Bersambung..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pagi, Bude dan Kesepian..

Pagi ini tetanggaku beramai-ramai mengunjungi rumah Bude. Anak Bude dari Jepang telah pulang. Para tetangga bersilaturahim kepadanya. Ibu dan bapaku pun kesana. Ibuku sangat senang mendapat oleh-oleh dari Jepang. Aku dibagikannya, bagiku plastik tulisan huruf Jepang ini sama saja dengan jajanan di Indonesia. Ya, cuma beda merk. Terlepas dari jajanan itu, satu pemandangan kontras, mendadak rumah yang biasa sepi menjadi ramai. Bude menghuni rumah dengan suaminya Pakde. Keduanya sudah lanjut usia. Bahkan Pakde sudah pikun. Setiap harinya rumah Bude seperti rumah kosong. Tapi tidak untuk saat ini, keceriaan tengah menyelimuti keluarga Bude. Anak kesayangannya telah pulang.

Seindah Tidurmu

Seindah Tidurmu Sejak kau kecil hidupmu dipenuhi dongeng putri dan pangeran Denting kereta kencana kuda jantan yang gagah, Membawamu menemui sang pangeran Kupu-kupu di halaman rumahmu Berubah jadi dayang cantik Selendang mereka mengaburkan matamu Kenyataan berputar, ilusi Agar kau bahagia meneguk gelas demi gelas Kisah palsu itu Khayalan indah memanjakan takdir, Karena doa, tak direstui tuhan, Kali ini tuhan lupa, Membangunkanmu dari dengkur Cilacap, 23 September 2016 Misteri Malam Malam adalah kematian Seribu malam adalah keabadian Sepotong malam adalah keraguan Seperti malam adalah ketiadaan Dan malam? Cilacap, 23 September 2016 Yang Abadi Jangan lagi menangis untukku, sayang Jalanku terbuka di balik fana Pandanganmu, menampik angin menjemputku, Aku pergi mencarimu, Tuk masa depanku. Kau yang tinggal di masa lalu, tenggelam dalam waktu, aku mencarimu di sana. Di masa, waktu tak lagi berdetak Biar aku pergi menembus waktu, Menebus rindumu- Be

Jatuh Tertimpa Permata (The Social Network)

Judul : The Social Network Sutradara: David Fincher Durasi : 120 menit Pemain: Jesse Eisenberg, Rooney Mara, Armie Hammer,Justin Timberlake, Andrew Garfield Tak selamanya keisengan membawa petaka, hal itu telah dibuktikan oleh Mark Zukerberg (Jesse Eisenberg) menciptakan jejaring sosial Facebook yang kini jumlah membernya kian meroket tiap detiknya. Film The Social Network (2010), garapan David Fincher ini masuk box office film Amerika, film ini menceritakan penemuan Facebook oleh Mark Zukerberg (Jesse Eisenberg) Bermula dari “keanehan” dirinya, ia terinferiorkan dari the Pheonix Club, klub bergengsi di Harvard. Apesnya lagi, pacarnya, Erica Albright (Rooney Mara) memutusnya pada pertemuannya di sebuah bar. Ia memuntahkan segala kekesalannya denagan mengota-atik jaringan komputer Harvard. Pertama-tama dia menciptakan situs bernama Fasemash.com. kerjanya, mengambil koleksi foto Kirkland mahasiswa, lalu menduel dan memvote keseksian dua foto wanita yang mana satu diantar